Ceremonial Start Kejuaraan Asia Pacific Rally Championship 2022 Digelar

Pagelaran Kejuaraan Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2022 resmi dibuka, ditandai dengan dilaksanakannya 'ceremonial start' di Terminal Sosor Saba Parapat, Jumat (23/9/2022).

topmetro.news – Pagelaran Kejuaraan Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2022 resmi dibuka, ditandai dengan dilaksanakannya ‘ceremonial start’ di Terminal Sosor Saba Parapat, Jumat (23/9/2022).

Direktur Toba Pulp Lestari (TPL) Anwar Lawden dalam ‘ceremonial’ itu mengatakan, sangat mendukung APRC. Terutama demi memajukan ekonomi, olahraga, dan pariwisata di Sumatera Utara, khususnya Danau Toba. Terlebih pemerintah sudah mencanangkan Danau Toba menjadi pariwisata Super Prioritas Danau Toba.

Selain itu, kata Lawden, even ini kiranya dapat jadi momentum bagi perally nasional dan internasional untuk dapat menaklukkan Special Stage (SS) Hutan Tanaman Industri (HTI) yang sangat menantang di Kawasan konsesi Toba Pulp Lestari.

Anwar juga sangat mengharapkan bahwa APRC Danau Toba 2022 dapat menghadirkan multiplayer efek. Khususnya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar lokasi kegiatan.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajeksyah (Ijeck) dalam sambutannya di sela-sela ‘ceromonial start’ mengatakan, kiranya even itu dapat makin mempromosikan kawasan Danau Toba di mata dunia, melalui ajang ‘sport tourism’.

Bersama pebalap internasional asal Indonesia Sean Gelael, Musa Rajeksyah juga turut serta turun dalam APRC Danau Toba 2022 kali ini.

Dalam acara ‘ceromonial start itu, turut hadir bersama Musa Rajeksyah antara lain, Direktur Utama TPL Venkateshwarlu Cheruku beserta jajaran direksi. Kemudiaan Anwar Lawden sebagai Direktur TPL. Hadir juga Bupati Simalungun Radipoh Sinaga. Lalu Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Nanang Sukarna dan Ketua IMI Sumut Harun Mustafa.

Antusiasme Perally

Dalam konferensi pers usai ‘ceremonial start’, Ijeck bersama Federation Internasional de Automobile (FIA) menjelaskan, APRC putaran kedua akan kembali berlangsung mengingat antusias yang sangat luar biasa dari para perally dan masyarakat sekitar.

Selain itu ‘special stage’ di lokasi Konsesi TPL sangat mendukung untuk pelaksanaan even seperti ini. “Dan yang juga sangat penting, pagelaran ini dapat memajukan ekonomi dan pariwisata Dana Toba,” ucap Ijeck mengakhiri.

Sebagai informasi, Danau Toba Rally APRC 2022 menempuh jarak total 361,21 km. Terbagi dalam 2 leg (etape) yang terdiri dari 12 SS. Leg-1 pada Hari Sabtu (24/9/2022) sepanjang 233,09 km memiliki 8 SS (special stage) dengan lintasan khususnya sepanjang 105,10 km. Kemudian Leg-2 pada Hari Minggu (25/9/2022) sepanjang 128,12 km dengan 4 special stage

Lintasan rally di kawasan HTI TPL Sektor Aek Nauli pernah menjadi lokasi untuk even internasional. Yakni menjadi bagian lintasan ‘special stage’ (SS) pada World Rally Championship (WRC) 1996 dan 1997. Ini menjadi titik balik pelaksanaan WRC setelah 25 tahun vakum.

Diharapkan dengan SS yang disediakan oleh TPL yang merupakan kebanggaan Sumatera Utara dan Indonesia ini bisa terlaksananya WRC di tahun mendatang.

reporter | David Napitu

Related posts

Leave a Comment